Pemberian nama domain ada dua cara yaitu :
1. Tipe konvensional yaitu pemberian nama berdasarkan struktur/level dalam koorporat. Untuk level koorporat domain yang diberikan berdasarkan solutions yang diberikan atau domain perusahaan disesuaikan dengan nama perusahaan tersebut seperti : Bina Nusantara maka nama domain yang diberikan adalah binus.edu Turunan dari level koorporat adalah pemberian nama produk berdasarkan
nama domain. Pemberian nama domain seperti ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki level of product yang bervariasi seperti Fritolay yang memiliki anak-anak perusahaan seperti KFC, Lays dan lainnya. Pemberian nama domain disesuaikan dengan kategori produk tersebut.
Untuk produk-produk yang sudah terlalu dikenal, biasanya perusahaan akan memberikan nama domain berdasarkan event. Misal produk Shampoo A,untuk mendongkrak penjualan shampoo A maka perusahaan mengadakan event cuci rambut gratis, maka pemberian nama domain dapat diberikan seperti : cucirambutgratis.com
2. Tipe non konvensional yaitu memberikan nama domain berdasarkan kalimat-kalimat yang membuat orang-orang akan selalu ingat, membentuk branding dalam benak masyarakat. Seperti tujuanluapa.com yang dimiliki oleh salah satu konsultan finance yang ada di Indonesia. Dalam melayani setiap clientnya Beliau selalu menanyakan kalimat pertama yang akan ditanyakan adalah tujuan lu apa? (tujuan yang diharapkan oleh clientnya tersebut) sehingga Beliau membuat websitenya dengan domain tujuanluapa.com yang menjadi branding dirinya agar mudah diingat oleh orang lain.
Tips : dalam memberikan nama domain sebaiknya nama domain tersebut adalah kata yang generik dan mudah diingat.
Tips Pemberian Nama Domain
Diposting oleh
Dewi Riana
at
Rabu, 22 Juli 2009
0 komentar:
Posting Komentar